Friday, October 31, 2008

Di Surabaya sopan santun merokok sudah disahkan DPRD 22 oktober lalu. Gw gak tau apakah kota-kota yang laen juga sudah mensahkan atau bahkan belum sama sekali. Tapi yang jelas para perokok di Indonesia masih bebas ngebul di mana saja sekarang ini. Sedangkan di negara Inggris sendiri kawasan merokok semakin dibatasi.

Misalnya seperti Bandara internasional Heatrow, London sama sekali tidak bisa kita temukan smoking area padahal Bandara Soekarno Hatta, Juanda, Ngurah Rai , atau Bandara di Hongkong dan Malaysia sendiri masih menyediakan kawasan bebas merokok malah kesannya acak adul di sana sini masih bebas nyetun.


Heatrow Airport in Early morning

Jadi kalo udah kelar ngurus bagasi, paspor dan tetek bengek laennya bergegaslah keluar area bandara Heatrow, karena setelah tidak merokok selama lebih kurang 13 jam [terbang dari Jakarta ke London] pasti lidah rasanya aneh banget. Di luar area bandara ada tong berukuran sedang yang tidak lain adalah asbak, dengan bentuk permukaan yang diberi lubang-lubang seukuran rokok. Tujuannya gak lain agar puntung rokoknya gak berserakan, udah gitu posisi tong sendiri letaknya lumayan jauh dari atap terluar bandara sehingga asapnya langsung terbang jauh ke langit.. .

whuuuuuuuuusss


Kota metropolis selevel London kawasan umum tertutup seperti Café, resto, hotel, diskotek, hampir tak ada Smoking Area. Merokok di London justru hanya bisa dilakukan di luar ruangan. Jadi hampir para pejalan kaki yang memenuhi pedestrian pada ngerokok. Berbeda pula kalo kita merokok di pedestrian Hongkong, Geminers jangan pernah coba-coba! Kalo gak mo kena denda 50.000 dollar Hongkong. Tapi untungnya di hotel, resto, dan café-nya masih terdapat smoking area.

Parahnya lagi nih, harga rokok di London mahalnya minta ampun. Kalo di Indonesia Marlboro di bandroll dengan harga 8 ribu, tapi di sono harganya 7.40 poundsterling atau sekitar Rp 118.500!!! buseeett..mending duitnya dipake buat beli souvenir kale.

Bersyukurlah kalian yang gak kecanduan rokok..!!

6 Comments:

  1. Na said...
    Ya tuh soal rokok ini dah jd masalah, biz na dmana2 slalu ktmu org ngrokok, smg aja ntar Indonesia jg bikin peraturan dilarang ngerokok di area publik, termasuk di kantor2 pemerintahan..amien... Kacian kn makhluk2 yg gak ngrokok ini.. Dan smg para perokok dbukakan hatinya untuk tidak ngrokok lg..amien.. Btw, yg nulis postingan perokok jg yah?
    Anonymous said...
    di bandara balikpapan+syamsudin noor di ruang keberangkatannya udah mulai bro kawasan bebas rokok, malah disediakan ruangan 3x3 khusus buat rokok mania..
    bro udah mulai ngurangi rokok yaa...
    hehehe..
    Anonymous said...
    wah..bg perokok [asif jelas menguntungkan dounk, tp bg perokokk pasti aga bt jg tuch..hehe...
    yg jelas skrg d bandara hasanuddin yg baru jd sdh ada kwsn bbs rokok.. :)
    Anonymous said...
    wah soal ngerokok kadang org gak ngerti aturan dah tau ada tulisan dilarang merokok masih juga ngerokok..
    Cebong Ipiet said...
    syukurlah hohoho
    ya ya ya buat para perokok terserah mo ngerokok asal g bagi bagi asapnya ke yg g ngerokok
    Unknown said...
    kawasan bebas rokok di Indonesia mempannya kalo di dalem mall aja. payah ah. gw ga ngerokok,tapi akhir2 ini ko lagi seneng2nya nyium bau rokok yaa. hahaha

Post a Comment